The Blog

Di tengah geliat perkuliahan yang tetap berlangsung sebagaimana biasa, Pusat Ma’had al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri menggelar kegiatan Ramadhan Bareng Ustadz Kampus. Selain kegiatan pengajian sebagaimana biasa, keramaian Ramadhan kali ini bertabur Ustadz kampus yang mengkaji berbagai kitab khas pesantren dan juga kajian bahasa asing. Selama 20 hari para santri Ma’had Darul Hikmah maupun mahasiswa umum mengikuti pengajian yang dibagi dalam tiga waktu, ba’da Subuh, waktu dluhâ, dan ba’da Ashar, dengan beragam materi.

Bagi Ma’had al-Jami’ah, Ramadhan kali ini memang terasa berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bukan saja karena bersamaan dengan waktu aktif perkuliahan, namun juga menghadirkan banyak kajian kitab-kitab khazanah pesantren yang biasa disebut dengan ngaji kilatan di pesantren tradisional pada umumnya. Hal ini sebagaimana dikatakan Mudir Ma’had al-Jami’ah Ustadz Umar Faruq, antara lain dimaksudkan sebagai upaya revitalisasi kajian turats di tengah hegemoni referensi ilmiah modern dunia kampus maupun kitab-kitab terjemah.

Pengajian ini sendiri menghadirkan para dosen yang juga Ustadz/dzah dari berbagai disiplin ilmu keagamaan, antara lain Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag, Umar Faruq, M.Fil, Ahmad Sholihuddin, MA. Tak ketinggalan para ustadz muda seperti Dr. Khaerul Umam, M.Ud, Zuhri Khumaidi, M.Si, M Alim Khoiri, MHI, Bagus Andrian Permata, M.PdI, dan Saiful Bahri, MHI. Dan melengkapi mereka, terdapat juga para ustadzah yakni Dr. Toyyibah, M.Pd, dan Najihatul Fadhliyah, M.PdI.

Pengajian ba’da Subuh dilaksanakan mulai Senin hingga Sabtu dengan berbagai kitab meliputi Tafsîr Jalâlain, Hikam, Tadzhîb, Riyâdh al-Shâlihîn, Uqûd al-Lujain, dan Muqtathofât. Sedangkan waktu dluhâ diisi pengajian kitab Adâb al-‘Âlim wa al-Muta’allim, dan kajian bahasa Inggris The House of Wisdom. Di sore hari ba’da Ashar diisi pengajian kitab Waraqât, Bidâyatu al-Hidâyah, Hujjah Ahli al-Sunnah, Tafsîr Yâsîn, dan Tîjan ad-Darûrî. Rahmatul Ummah Koordinator Bagian Ta’lim  menyebutkan bahwa pengajian ini selain diikuti oleh santri ma’had Daul Hikmah, juga banyak mahasiswa IAIN Kediri dari berbagai fakultas, bahkan beberapa dari kampus luar.

Selain pengajian kitab, diselenggarakan juga tarawih bi al-simâ’, yakni shalat tarawih dengan pembacaan khataman al-Quran oleh para santriwati yang menjalani program tahfidz. Imam tarawih membaca surat-surat al-Quran setelah bacaan al-Fatihah pada setiap rakaatnya. Hal ini sekaligus sebagai media pentashih hafalan mereka di hadapan makmum yang semuanya adalah santri program tahfidz. Diharapkan tarawih mereka selama ramadhan mencapai satu kali khataman al-Quran, yang dengan demikian setiap satu malam tarawih harus menyelesaikan satu juz bacaan al-Quran. Dan yang juga merupakan agenda wajib adalah tadarrus on the move, yakni membaca al-Quran di sepanjang waktu pagi, siang, maupun malam hari secara bergantian di sela-sela rehat kegiatan pengajian ma’had.

Dan sebagai puncaknya, akan diselenggarakan kegiatan Ngaji Bareng Kyai berupa pengajian umum dalam rangka peringatan Nuzulul Quran pada Rabu 23 Mei 2019, ba’da Ashar yang mengundang Dr KH Musta’in Syafi’i, M.Ag, Pakar Tafsir pengasuh kolom Tafsir Aktual Harian Bangsa yang juga sekaligus Mudir I PP Madrosatul Quran Tebuireng Jombang. Mari semarakkan Ramadhan 1440 H bersama Ustadz dan Kyai Ma’had al-Jami’ah IAIN Kediri, meneladani Hukama’ mensyi’arkan tradisi Ulama’. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website