Kuliah Tamu: Menemukan Kebaruan Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa Arab

KEDIRI, 18/12/2018. Menemukan topik yang sama sekali baru dalam penelitian sangatlah sulit atau bahkan bisa dikatakan mustahil. Salah satu yang dapat dilakukan adalah melalui kajian interdisipliner. Seperti menggabungkan dua nama sesorang menjadi satu sehingga tidak akan menyamai dengan yang sudah ada, Mukhlis Dimyati misalnya, gabungan nama Mukhlis dan Dimyati yang mungkin sudah sangat banyak dipakai. Demikian salah satu poin materi kuliah tamu prodi magister PBA IAIN Kediri.

Dalam paparannya, pemateri menyampaikan bahwa untuk mendapatkan inspirasi judul penelitian PBA dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:

  1. Memahami kawasan atau peta penelitian bahasa
  2. Memahami unsur-unsur pembelajaran bahasa
  3. Memahami jenjang pendidikan bahasa
  4. Memahami jenis-jenis penelitian PBA

Untuk menemukan kebaruan topik penelitian dapat dilakukan dengan mengubah sasaran penelitian, tingkatan objek yang diteliti, dan bisa juga dengan mengubah pendekatan penelitiannya, misalnya penelitian bahasa arab dengan pendekatan psikolinguistik, antropolinguistik, etnolinguistik, linguistik historis, dan lain sebagainya dengan interdisipliner.

Kuliah tamu yang dipandu oleh Kaprodi PBA pascasarjana IAIN Kediri, Ahmad Sholihuddin berlangsung menarik dengan diskusi dan tanya jawab hingga tengah hari. Dan yang tak kalah penting untuk diingat bahwa 18 Desember hari pelaksanaan kegiatan ini bertepatan dengan hari bahasa Arab sedunia.

Leave a Reply