IAIN Kediri Newsroom – Kelompok 6 KKN Moderasi Beragama IV Se-Indonesia selenggarakan Workshop Packaging dan Marketing UMKM di SDN 1 Desa Babakanmulya, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada Senin (12/12/2024). Acara ini diikuti para pelaku UMKM di Desa Babakanmulya.
Dengan tema “Membangun Komunitas UMKM yang Kuat: Peningkatan Skill Marketing dan Packaging di Era Digital”, workshop ini menghadirkan dua narasumber yang berkompeten di bidangnya. Narasumber pertama, Ageng Sutrisno, General Manager Easga Indonesia, menyampaikan materi terkait strategi pemasaran yang efektif di era digital. Ageng menjelaskan bahwa pemasaran terbagi menjadi dua jenis, yaitu online dan offline. Menurutnya, pilihan antara pemasaran online atau offline tergantung pada kondisi tempat usaha. Namun, idealnya kedua jenis pemasaran ini harus ada, karena kombinasi keduanya dapat menekan biaya lebih murah dan lebih efektif.
Sementara itu, narasumber kedua, Lutfia Salsabila, mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, memaparkan tentang pengemasan produk yang menarik dan penggunaan media sosial untuk mendukung penjualan.
Acara ini dimoderatori oleh Churin Oktavia, mahasiswa IAIN Kediri, yang mampu membawa diskusi berjalan lancar dan interaktif. Selama kegiatan ini, para pelaku UMKM memperoleh keterampilan baru dalam bidang pemasaran dan pengemasan yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk mereka di pasar digital. Selain itu, juga direncanakan pembentukan Komunitas UMKM Desa Babakanmulya sebagai bagian dari upaya untuk memajukan pengembangan UMKM di desa tersebut.
Leni Cahyani, istri Kepala Desa Babakanmulya, yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan, “Acara ini sangat bermanfaat bagi UMKM di Babakanmulya, sehingga mereka bisa mendapatkan ilmu tentang cara menjadi entrepreneur yang baik dalam pemasaran di era digital. Harapannya, acara ini bisa dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan untuk mendukung dan membina UMKM agar lebih terarah.”
Workshop ini diharapkan menjadi langkah awal dalam membangun komunitas UMKM yang kuat dan berdaya saing di Desa Babakanmulya, serta mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.
Sumber : Kelompok 6 KKN Moderasi Beragama IV
Penulis : Churin Oktavia (Kont)
Editor : Ropingi el-Ishaq