The Blog

IAIN Kediri Newsroom- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri memberikan bekal kepada pengelola humas, tenaga kependidikan, serta mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi publikasi dan penulisan naskah jurnalistik. Kegiatan workshop yang diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari pengelola humas fakultas/unit serta mahasiswa dari berbagai jurusan ini diselenggarakan di Aula Rektorat Lantai 4 IAIN Kediri pada hari Rabu (29/12/2023).

Saat membuka acara, Achmad Heru Achadi Heri selaku Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Kediri (AUAK) menyampaikan, “Harapannya dengan adanya workshop ini semuanya bisa semangat untuk mempublikasikan IAIN Kediri, agar bisa makin dikenal”.

Materi pertama disampaikan oleh Direktur Kaka Media, Ropingi el Ishaq. Ia menguraikan tentang Peran Strategis Humas dalam Membangun Citra. Menurutnya, “Tugas dari humas dalam membangun citra dalah untuk pemahaman”.

Sebagai kelanjutan dari materi pertama, pemateri kedua disampaikan tentang bagaimana menulis dan mengambil sudut pandang (angle) dalam penulisan berita agar menarik. “Menulis itu bisa dilatih, semakin sering menulis, kepekaan semakin terasah,” tegas Dedy. “Anda harus banyak ‘kepo’ untuk memperoleh data sebanyak mungkin. Banyaknya data akan mempermudah penulisan berita dan pengambilan angle.” Ia juga memberikan contoh dan mendiskusikan judul berita yang menarik.

Tak kalah dengan wartawan dari Jatimnow.com, jurnalis Indosiar dan sekaligus Ketua AJI Kediri, Danu Sukendro, memberikan bocoran strategi mengelola media social untuk membangun citra lembaga. Menurutnya, saat ini adalah era disrupsi. Pasca reformasi terjadi banyak perubahan di bidang media. Media cetak telah mengalami penurunan, dari sekitar 1600-an, kini tinggal 400-an saja.

Informasi tidak lagi disampaikan melalui media cetak, tetapi melalui media online dan media social. Melalui media inilah masyarakat menyampaikan dan menyerap informasi. Danu, sapaan akrab jurnalis yang telah punya banyak karya sinematografi ini, lantas memberikan trik-trik untuk mengelola media social. “Anda harus melakukan editorial plan dalam mengelola media social. Yakni, perencanaan untuk mengunggah konten di media social. Dan anda harus tahu waktu dan jenis konten ideal untuk diunggah,” jelasnya sambil berinteraksi dengan peserta. Peserta juga ditantang untuk diskusikan tentang bagaimana memetakan audience, berapa penerima pesan, karakteristik pesannya yang diterimanya bagaimana, dan sebagainya.

Para peserta pun antusias tanggapi tantangan dengan menjawab berbagai pertanyaan sang jurnalis keren ini.

Sumber: Humas IAIN KEDIRI
Penulis : Lailiyah Mas’udah dan Irfa Rizqia
Editor : Ropingi El-Ishaq