The Blog

*Tulisan ini kami tulis pada tanggal 16 Dzulhijjah di Makkah sebelum pelaksanaan kegiatan di Madinah.

Layanan haji 2024 adalah layanan yang sangat luar biasa. Mungkin layanan haji 2024 adalah layanan yang terbaik daripada layanan haji pada tahun-tahun sebelumnya.

Kami sampaikan beberapa layanan haji 2024 yang saya rasakan di antaranya adalah layanan kesehatan, layanan bimbingan, layanan tanazul atau murur, layanan transportasi serta layanan konsumsi.

  1. Layanan kesehatan. Layanan kesehatan sangat baik terlihat karena tim medis siap setiap saat kapanpun dibutuhkan dengan peralatan dan juga obat-obatan yang cukup. Meski terlihat obat-obat yang diberikan terkesan berbagi karena penggunanya yang sangat banyak, tim medis banyak dari kalangan muda sehingga energi mereka sangat representatif untuk melayani para jamaah khususnya para lansia.
  2. Layanan bimbingan ibadah haji. Sebagai jamaah calon haji kemarin saya mengikuti dua layanan bimbingan yakni KBIH dan Kemenag. Menurut saya KBIH lebih membimbing kepada masalah ubudiyah sementara Kemenag lebih membimbing kepada masalah teknis keberangkatan ataupun pelaksanaan ibadah di lapangan. Kolaborasi ini sangat baik karena sangat membantu para jamaah haji baik dari sisi keberhasilan untuk beribadah dan juga teknis pelaksanaan ibadah di sana.
  3. Layanan tanazul atau murur. Layanan ini baru karena masih dilaksanakan pada tahun 2024. Layanan tanazzul yang ketika di Makkah disebut dengan layanan murur adalah layanan bagi para lansia atau Risti (orang yang punya resiko tinggi) untuk melewati Muzdalifah (tanp mabit) langsung menuju Mina. Fasilitas ini sangat membantu bagi para lansia dan Resti karena tidak terlalu berisiko untuk berebut dengan orang-orang yang sehat dan juga karena medan Muzdalifah yg menuntut semua orang sedemikian mandiri.
  4. Layanan transportasi. Layanan transportasi cukup memadai, khususnya layanan transportasi perpindahan dari maktab, ke Muzdalifah dan Mina karena memang peserta jamaah haji luar biasa padat untuk tahun 2024 ini sehingga jalanan seringkali macet.
  5. Layanan konsumsi. Layanan konsumsi kami rasakan sangat memuaskan mulai dari timeline diberikannya makanan baik makan pagi, siang maupun malam sangat tepat waktu. Menu yang diberikan juga cukup Indonesia, banyak fasilitas makanan tambahan seperti susu, air putih, snack, dan buah. Alhamdulillah.

Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Agama yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah haji tahun 2024 ini. Semoga layanan 2024 ini dapat berlanjut dengan baik seterusnya. Sekali lagi terima kasih Kementerian Agama.

Penulis:
Dr. Hj. Yuyun Yunairoh, M.Pd.
Jamaah Haji 2024
Dosen IAIN Kediri