The Blog

UINSW Newsrooom – Dalam rangka meningkatkan tata kelola adminstrasi yang informatif, akuntabel, dan transparan di lingkungan, tim pengelola pengaduan UIN Syekh Wasil Kediri mengadakan rapat koordinasi untuk membahas tindak lanjut pengaduan yang masuk dan evaluasi berkala pada Selasa (08/07/2025) di Ruang Sidang Rektorat.

Ketua Tim Pengaduan UIN Syekh Wasil Kediri Budiyanto menuturkan bahwa evaluasi ini merupakan salah satu bentuk mitigasi dalam meminimalisir dampak yang mungkin terjadi. Budiyanto menegaskan bahwa UIN Syekh Wasil Kediri telah menyediakan media aduan terpusat bagi publik yang dapat diakses pada laman PPID atau dengan mengisi formular pada laman https://ppid.iainkediri.ac.id/form-pengaduan/.

“Kami memberi ruang bagi publik apabila ada ketidakpuasan dalam pelayanan. Segala bentuk keluhan, aduan, aspirasi, atau ketidakpuasan dalam pelayanan harus kita respon positif sebagai langkah untuk perbaikan. Dengan adanya aduan yang masuk, kami akan dapat melakukan pemetaan masalah dan merumuskan penanganan masalah tersebut,” jelas Budiyanto.

Budiyanto menambahkan bahwa dengan dilakukannya tindak lanjut atas aduan yang masuk, UIN Syekh Wasil Kediri menunjukkan komitmen yang tinggi atas terciptanya lembaga pendidikan yang akuntabel, transparan, dan informatif.

Ia juga menyebut tim pengaduan telah menerima beberapa aduan masuk, beberapa di antaranya terkait dugaan terjadinya penipuan serta dugaan ketidaktepatan penerima beasiswa. Tim pengaduan segera merespon hal tersebut dengan melakukan verifikasi dan klarifikasi terhadap pihak terduga. Respon ini juga sebagai langkah UIN Syekh Wasil Kediri dalam melaksanakan mitigasi risiko yang bertujuan untuk mendeteksi, mencegah, dan menangani potensi risiko yang mungkin terjadi.

Penulis: Zuhrufi Latifah | Editor: Ropingi el-Ishaq