Elektronik Strategic Management System (E-SMS) Merealisasikan Governance University

YOGYAKARTA. 14/04/2019. E-SMS merupakan sebuah aplikasi untuk mewujudkan tatakelola PTKIN yang baik menuju Good University Governance (GUG), Teaching University, Reasearch University dan Global University. Tanggal 11-13 April, telah dilaksanakan rapat koordinasi yang pertama tingkat Nasional yang telah dihadiri seluruh PTKIN mulai dari Ar-Raniry Banda Aceh hingga Papua. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Abdul Hamid Cebba sebagai Ketua tim E-SMS yang diselenggarakan Direktorat Jendral Pendidikan Kementerian Agama RI di Hotel Grand Aston Yogyakarta.

Aplikasi E-SMS ini bukan hanya sekedar aplikasi biasa melainkan sebuah trobosan dalam hal manajemen yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan sebuah Perguruan Tinggi dalam rangka peningkatan tatakelola menuju Good University Governance (GUG), hal ini disampaikan oleh ketua tim e-sms.

Didalam e-SMS juga disampaikan bahwa aplikasi tersebut mengandung beberapa komponen.  Antara lain komponen Pertama, pengajaran 20 persen. Kedua,  fasilitas, sumberdaya dan supporting staf 25 persen. Ketiga, kepemimpinan manajemen dan tatakelola 40 persen, dan Keempat, penelitian, publikasi, pengabdian-layanan pada masyarakat dan kerjasama 15 persen.

Sebagai informasi aplikasi e-SMS ini dapat diakses melalui laman http://diktis.kemenag.go.id/e-sms didalam aplikasi tersebut telah disediakan buku panduan hingga petunjuk teknis pengisian Dashboard e-SMS, termasuk cara memilih jawaban atas setiap pertanyaan yang diajukan beserta data pendukung yang harus di uploud sebagai bukti. Pada acara tersebut juga disampaikan keseluruhan pengisian Dashboard e-SMS diharapkan dapat selesai sebelum akhir bulan April 2019. (ADE)

 

Leave a Reply