The Swearing in of Peace Corps Volunteers ID12 / Batch 9 at IAIN Kediri

KEDIRI, 10/10/2018. Swearing atau pengambilan sumpah relawan Peace Corps angkatan ID12 yang diselenggarakan di gedung Sport Center IAIN Kediri ditujukkan untuk memberikan penghormatan kepada pihak Indonesia khususnya IAIN Kediri atas kesediaan dan keramahannya dalam memberikan tempat untuk acara ini dan berbagi ilmu kepada relawan Peace Corps dari Amerika Serikat.

Swearing atau pelepasan para relawan Peace Corps untuk berbagi ilmu ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari POLRI, TNI, dan lain sebagainya yang dimana beliau-beliau sangat antusias dengan kegiatan yang dimulai pada pukul 10.15 WIB. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan diteruskan dengan menyanyikan lagu kebangsaan baik dari pihak Indonesia maupun Amerika Serikat. Setelahnya pembawa acara mempersilahkan Rektor IAIN Kediri, yakni Dr. H. Nur Chamid, MM., untuk memberikan sambutan pertama. Beliau mengucapkan, “Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh hadirin dan yang berkaitan dengannya atas partisipasi yang sudah diberikan kepada kami”. Imbuhnya, “Saya sangat bersyukur kepada Allah swt karena dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi perantara perekat hubungan antara Indonesia dengan Amerika Serikat dan saya sangat berharap agar kerjasama ini bisa selalu terjalin dan terjaga dengan baik”, pungkasnya.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Direktur Peace Corps Indonesia, yakni Jennifer Goette. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa, “Kedatangan kami kesini tidak lain hanyalah untuk menjalin kerjasama yang fokus kepada progam belajar mengajar Bahasa Inggris dan pertukaran budaya”. Tambahnya, “Relawan yang sekarang berada di Indonesia harus berpikir bahwa anda akan mendapatkan tiga hal, yakni seraplah budaya baru dengan bijak, terbukalah pada ide baru, dan jangan takut melakukan kesalahan dalam berinovasi”. Ia juga menambahkan bahwa, “Anda semua juga akan mendapatkan tiga hal, yakni anda pasti akan dikenang oleh mereka, kehidupan anda akan berubah, dan anda akan menyadari bahwa anda akan melakukan sebuah perubahan”.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Direktur Amerika I atau Kementerian Luar Negeri, yakni Zelda W. Kartika. Kemudian sambutan diteruskan oleh Gina Chung dan Riley Yuan, selaku calon relawan Peace Corps. Kemudian sambutan dari Konsul Jend. AS, yakni McGovern. Lantas diteruskan dengan pembacaan darma dan janji relawan yang dilakukan oleh seluruh relawan Peace Corps angkatan ID12 / Batch 9 yang nantinya akan siap terjun ke tempat berbagi ilmu dan acara ini diakhiri dengan penutupan sekaligus lunch pada pukul 11.45 WIB. (f)

Leave a Reply